Maha Dalang

Sumber Gambar : Redaksi Manunggal Syafaat

Waktu : Jumat, 31 Januari 2020 Pukul 20:00 di Balai Desa Margosari

 

Muqadimah :

Maha Dalang adalah Allah. Tetapi apakah kehidupan ini seperti pakeliran? Apakah manusia seperti wayang kulit? Benarkah Allah sebagai dalang adalah Yang Maha Berkehendak? Sedangkan manusia juga punya kehendak. Sepertinya kehidupan tidak sesederhana dunia pakeliran. Wayang kenyataan bisa saja bergerak tanpa dimainkan dalang. Pakem cerita bisa digubah sekehendak kepala. Bahkan para wayang bisa saja mengkudeta si dalang.

Tetapi apakah manusia juga benar-benar berkehendak? Mengapa masih terjadi sesuatu yang tidak sesuai rencana? Ataukah manusia sepenuhnya tunduk pada kehendak Tuhan, sehingga ketika ia membunuh manusia lain bisa berlindung dibalik alasan ‘semua sudah ditakdirkan’?

Bagaimana dengan orang-orang yang seratus persen pasrah kepada kehidupan tanpa meyakini kehadiran Tuhan? Bahwa mereka meyakini yang datang dan pergi hanyalah kewajaran biasa. Bagaimana mengkaitkan nasib dengan Tuhan? Seperti apa eksistensi Allah sebagai Maha Dalang? Lalu, bagaimana status manusia dalam konstelasi tersebut?

 

Oleh       : Redaksi Manunggal Syafaat

Ilustrasi  : Agus Ariska Panca

Beriklan Disini Beriklan Disini